Home » Advetorial » Tingkatkan SDM ASN, Pemprov Kepri Jajaki Kerja Sama Dengan Universitas Rhode Island 

Tingkatkan SDM ASN, Pemprov Kepri Jajaki Kerja Sama Dengan Universitas Rhode Island 

pemprov

Sekda Adi Prihantara menerima kunjungan The University of Rhode Island

Tanjungpinang,Zonakepri – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menerima kunjungan dari The University of Rhode Island dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bertempat di Ruang Kerja Sekda Lt. III Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (04/12).

Hadir dari Universitas yang berada di Negara Amerika Serikat ini, diantaranya Dr. John Kirby, Dean College of the Environment and Life Sciences Director, agricultural experiment station and cooperative extension; Brook Williams Ross, Managing Director, Indonesia Education Partnerships Director, Education & Business Partnerships, Asia, The University of Rhode Island; dan Brenton De Boef, Professor of Chemistry University of Rhode Island.

Ikut mendampingi Sekda, Kepala BKD dan Korpri Provinsi Kepulauan Riau Yeny Trisia Isabella serta perwakilan dari Dosen UMRAH yaitu Dr. Suryadi, Firman Apriansyah serta Rizal HB.

Universitas Rhode Island, disingkat URI merupakan sebuah universitas yang terletak di negara bagian Rhode Island, dengan kampus utamanya terletak di Kingston, Rhode Island, dan tiga kampus lainnya terletak di negara tersebut. URI adalah kampus penelitian publik unggulan negara bagian Rhode Island.

Universitas Rhode Island menawarkan gelar sarjana, magister, dan doktoral di 80 bidang studi sarjana dan 49 pascasarjana melalui sembilan sekolah akademik dan perguruan tinggi. Sekolah dan perguruan tinggi ini meliputi Seni dan Sains, Bisnis, Pendidikan dan Studi Profesional, Teknik, Ilmu Kesehatan, Ilmu Lingkungan dan Kehidupan, Keperawatan, Farmasi, dan Oseanografi.

Kepada pemerintah Provinsi Kepri, Dr. John Kirby menawarkan kerjasama peningkatan SDM ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui program master degree (S2) yang bekerjasama dengan universitas lokal di Kepri yaitu Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

“Target kami adalah meningkatkan SDM dari personel pemerintah dengan jangka waktu pembelajaran selama 2 tahun. 1 tahun pertama di UMRAH dan 1 tahun berikutnya di Universitas Rhode Island, Amerika Serikat,” jelasnya.

Kepada perwakilan Universitas Rhode Island, Sekda Adi menyampaikan apresiasi dan terimakasih akan perhatian dari Universitas Rhode Island akan peningkatan kapasitas dan kompetensi pegawai pemerintah dalam menunjang kinerja di Pemerintahan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa ASN di Lingkungan Pemeritah Provinsi Kepulauan Riau sebenarnya sangat antusias mengikuti program pendidikan dari Universitas Rhode Island dikarenakan adanya system meritokrasi saat ini namun untuk kerjasama pendidikan tidak dimungkinkan untuk dilakukan dalam tahun ini karena untuk tugas belajar harus melalui beberapa tahapan, terlebih untuk ke Luar Negeri harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri dan hingga saat ini secara akreditasi UMRAH belum memenuhi syarat untuk penyelengaraan pendidikan pada tahap S2.

“Ini adalah peluang kerjasama yang baik, dan akan kita tindak lanjuti kedepannya agar SDM pegawai Kepri bisa unggul sehingga menjamin keberlanjutan ekonomi Kepri yang lebih baik,” tutupnya. (zah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top