Home » Advetorial » Destinasi Wisata Patung Seribu Ramai di Kunjungi Wisman Mancanegara

Destinasi Wisata Patung Seribu Ramai di Kunjungi Wisman Mancanegara

Bintan

wisman Lokal saat Berswafoto dengan latar belakang Patung Seribu Jalan Asia Afrika Km 14 arah Kijang,Kabupaten Bintan

Tanjungpinang,Zonakepri – Mendekati wilayah perbatasan antara Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, tepatnya Jalan Asia Afrika Km 14 arah Kijang terdapat Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Pada area halaman vihara berdiri ratusan patung Umat Budha yang didatangkan dari Cina.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal dengan vihara seribu wajah atau masyarakat sekitar menyebutnya patung seribu merupakan destinasi wisata religi di Provinsi Kepulauan Riau. Vihara tersebut diresmikan pada Tahun  2017 lalu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Heri Mukhrizal mengatakan, Meski berkonsep wisata religi, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva banyak di kunjungi wisatawan mancanegara.

“Tak cuma disambangi umat Buddha, banyak wisatawan dengan beragam latar belakang datang untuk melihat keunikan patung seribu wajah yang berada di Jalan Asia Afrika KM 14 ini,” ujarnya.

Deretan patung dengan berbagai wajah berdiri rapi dengan warna seragam berada didataran dibawah vihara. Bagian luar dari vihara dipagar rapi oleh tanaman bambu hijau dan bambu kuning pada bagian sisi kiri. Sedangkan jenis tanaman didalam halaman vihara berupa melati juga dipangkas rapi dengan  ketinggian yang sama.  Keunikan Vihara ini mengundang banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Ketika hendak memasuki pintu masuk vihara, pengunjung wajib membayar tiket masuk Rp5000 per orang dewasa. Untuk anak anak bebas tiket. Saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung  mencapai 400 orang. Namun untuk hari hari biasa sekitar 200 orang. Khusus perayaan Imlek atau lebaran jumlah pengunjung melebihi jumlah hari libur.

Petugas Vihara Ari, ditemui Sabtu 16 November 2019 mengungkapkan vihara ini dikelola oleh yayasan Ling Shan Ji Yu Si yang dibina oleh Boby Jayanto. “Sebagian besar pengunjung merupakan wisatawan domestik, meski ada juga wisatawan dari manca negara,”sebutnya.

Savni, seorang pengunjung yang berasal dari Malaysia mengatakan kunjungannya ke vihara diantar oleh travel agen. Saat berada di vihara, Savni terkesan dengan beragam patung yang memiliki jumlah mencapai ratusan. Satu persatu Savni memperhatikan ukiran patung berukuran kecil yang terpajang di dinding pagar vihara menuju pintu keluar.

 

 

Penulis : Rul

Editor   : Rul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top