Home » Head Line » Dinsos Tanjungpinang Salurkan Bantuan Untuk Lansia Dari Sentra Abiseka Pekanbaru

Dinsos Tanjungpinang Salurkan Bantuan Untuk Lansia Dari Sentra Abiseka Pekanbaru

pemprov

Foto bersama Dinsos, Sentra Abiseka Pekanbaru dan penerima bantuan (diskominfo)

Tanjungpinang,Zonakepri- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (atensi) dari sentra Abiseka Pekanbaru kepada lansia dan klien binaan yayasan karsa mitra dinsos, di aula kantor Dinsos Tanjungpinang, Kepri, Selasa (11/10/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fatah menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Ibu wali kota yang seyogianya akan hadir pada kegiatan ini, tetapi karena ada sesuatu hal yang mendesak maka diwakilkan oleh kadinsos.

“Kita semua patut mensyukuri atas penyerahan bantuan ini karena pemerintah telah peduli dan penuh perhatian terhadap kebutuhan bapak dan ibu lansia, serta klien binaan yayasan karsa, sesuai dengan asesmen komprehensif yang dilakukan beberapa hari yang lalu,” kata Fatah.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk warga Tanjungpinang, khususnya kepada penyandang disabilitas, lansia, serta warga binaan yayasan karsa.

“Bentuk bantuan diberikan beragam. Untuk lansia berupa nutrisi, sembako, alat kebersihan diri. Kalau klien binaan yayasan karsa berupa modal usaha. Sementara pembina klien napza di LKS diberikan bantuan berupa kasur,” ujarnya.

Menurutnya, kolaborasi yang selama ini terjalin antara pemerintah pusat dan daerah ini patut dipertahankan, terutama dalam hal memberikan perhatian dan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Kita berharap, kepada klien binaan yayasan karsa tersebut dapat kembali ke masyarakat dan dapat beraktifitas seperti sediakala,” tambahnya.

Sementara, Pekerja Sosial Ahli Madya Sentra Abiseka Pekanbaru, Suyono menuturkan sentra Abiseka Pekanbaru merupakan salah satu UPT atau unit dari kemensos RI yang melayani 13 kabupaten kota di provinsi Riau dan Kepri, kota Tanjungpinang salah satu yang dilayani oleh sentra Abiseka.

Dia menuturkan, di 2022 ini, ada 25 ribu penerima bantuan yang tersebar di 13 wilayah kerja Abiseka. Sebelumnya, kita melakukan asesment komprehensif bagi penerima, mulai dari pendataan, kemudian diinput ke dalam data base abiseka.

“Dari data itulah kita lihat sebenarnya yang akan kita bantu nanti. Lalu, kita lihat clusternya itu ada lansia, disabilitas, anak berhadapan dengan hukum (ABH) dan juga ada kelompok rentan,” terang Suyono.

Adapun bantuan yang diberikan kepada 20 orang lansia, satu orang disabilitas, dan 50 orang klien napza. Total bantuan yang disalurkan pada siang hari ini, untuk lansia lebih kurang Rp41,9 juta. Sementara untuk klient binaan yayasan karsa sejumlah 50 orang dengan total bantuan senilai Rp116,9 juta.

Setiap penerima mendapatkan bantuan yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya seperti nutrisi, sembako, dan kewirausahaan.

“Setiap tahun penerima bantuan itu sesuai hasil asesmen komprehensif. Jadi, sebelum kita berikan bantuan ini, kita lakukan penilaian terlebih dulu terhadap calon penerima manfaat,” pungkasnya.

Ia berujar, pola pendekatan yang dilakukan oleh sentra abiseka dalam memberikan bantuan atensi dapat berupa pendekatan keluarga, pendekatan komunitas dan pendekatan residensial.

“Khusus untuk pendekatan terakhir ini merupakan pilihan akhir, karena klien akan di bina di sentra Pekanbaru,” imbuhnya.

Pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut dilakukan di dua lokasi yakni di aula kantor Gubernur Dompak, yang disejalankan dengan kunjungan komisi 8 DPR RI. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada lima orang penerima.

Selanjutnya, penyerahan untuk 18 orang lansia dan 4 orang klien binaan yayasan karsa dilakukan di aula dinsos kota Tanjungpinang.

Sisanya, akan diserahkan melalui yayasan karsa Tanjungpinang untuk kemudian didistribusikan kepada penerima pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), yang menjadi sasaran bantuan atensi abiseka Pekanbaru. (Dinas Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top