Home » Zona Kepri » Bintan » Kembangkan Desa Wisata Pemkab Bintan Berdayakan Masyarakat Tempatan

Kembangkan Desa Wisata Pemkab Bintan Berdayakan Masyarakat Tempatan

Desa-Wisata-Berakit-300x224Zonakepri-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan berencana akan mengembangkan beberapa Desa yang ada di Kabupaten Bintan untuk dikembangkan sebagai tempat wisata yang baru di Bintan. Bupati Bintan, Ansar Ahmad menyebutkan, rencana pengembangan kawasan Desa wisata akan dilakukan dalam Tahun ini.

Namun, Ansar menegaskan, pengembangan kawasan desa wisata tidak hanya dari segi infrastrukturnya saja. Akan tetapi, pemberdayaan masyarakat juga akan disejalankan dengan pengembangan daerahnya. Hal ini dilakukan, agar penguatan institusi dimasyarakat dalam mengelola kawasan desa wisata bisa lebih kuat lagi.

Untuk itu, lanjut Ansar, Pemkab Bintan sudah menginstruksikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan untuk segera mengajukan anggaran di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan untuk menggaet konsultan dalam merancang rencana tersebut.
“Bila bisa kita lakukan ditahun ini, saya yakin pusat akan membantu itu ditahun depan. Sewaktu berbincang dengan Mentri Pariwisata, beliau (Pak Mentri-red) sepakat untuk mendukung rencana pengembangan desa wisata di Bintan,” ujar Ansar, beberapa waktu lalu.

Beberapa desa yang rencananya akan dikembangkan oleh Pemkab Bintan diantaranya, kawasan Bintan Bekapur di Kecamatan Gunung Kijang, Kawasan berakit di Kecamatan Teluk Sebong, Bukit Kerang di Kawal, serta kawasan hutan Mangrove di Jalan Lintas Barat dan Kawal.

Pengembangan desa wisata ini dirasa Ansar merupakan langkah tepat untuk menambah ragam suguhan yang bisa diberikan Bintan kepada wisatawan yang datang. Sehingga, Bupati Bintan yang menjabat selama dua periode itu menambahkan, wisatawan yang datang tak sekadar menikmati panorama alam Bintan, resort serta kegiatan olahraga kepariwisataan di Bintan.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada kunjungan keduanya di Bintan, beberapa waktu lalu. Sangat takjub melihat potensi pariwisata di Bintan bagian pantai timur pulau Bintan. Arief mengaku bahwasanya wisata di Bintan bisa dijadikan destinasi wisata unggulan di Indonesia dan akan sejajar dengan Pulau Bali.

Dengan melihat potensi itu, Arief yakin, Bintan dalam kurun waktu beberapa tahun kedepannya bakal menjadi penyumbang kunjungan wisatawan mancanegara lebih dari 500 ribu orang setiap tahunnya. “Pemudahan akses dan peningkatan promosi yang saat ini kita perlukan. Untuk promosi kita siap mempromosikan Bintan dengan cara yang lebih atraktif, inovatif, dan interaktif. Kita yakin karena selain potensinya Bintan sendiri, pulau Bintan berdekatan dengan pasar turis di Malaysia dan Singapura, ada puluhan juta turis yang beredar di sekitaran itu,” ungkap Arief.(hms Bintan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top