Home » Head Line » Pelabuhan Domestik Dan Internasional Pindah Bertahap

Pelabuhan Domestik Dan Internasional Pindah Bertahap

wan syamsiTanjungpinang,Zonakepri-Pemko  Tanjungpinang bersama Pemprov Kepri telah sepakat untuk segera memindahkan pelabuhan domestic dan pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura dari kawasan semula di Jalan Haji Agus Salim pindah ke pelabuhan Dompak.

Hal ini seiring dengan penuntasan Jambatan 1 Dompak yang berlokasi di depan Mall Ramayana yang menghubungan kawasan perkotaan dengan wilayah Dompak. “Adanya jembatan 1 Dompak akan memperpendek jaraktempuh antara kawasan perkotaan Tanjungpinang dengan pelabuhan Dompak. Direncanakan, kepindahan pelabuhan dilakukan secara bertahap. Mulai dari kepindahan pelabuhan domestic, selanjutnya disusul pelabuhan internasional,”sebut Wan Syamsi selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, ditemui Kamis 14 Januari 2016.

Lebih lanjut Wan Syamsi menyebutkan, kepindahan pelabuhan tersebut dikoordinir langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Muramis. Berdasarkan pertemuan dengan pihak terkait guna membahas persoalan pelabuhan domestic dan internasional di kawasan Jalan Haji Agus Salim diantaranya KSOP, pengguna jasa, pemilik angkutan telah menyatakan persetujuan untuk pelabuhan domestic maupun internasional berada di Dompak. Mengingat pelabuhan domestic dan internasional yang saat ini berlokasi di Jalan Haji Agus Salim memiliki persoalan yang tidak kunjung selesai dari dulu hingga sekarang. Termasuk diantaranya kemacetan kendaraan untuk parkir, maupun persoalan lain seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai.

“Pelabuhan merupakan wajah dari Kota Tanjungpinang. Dimana wisatawan maupun pendatang akan melihat Kota Tanjungpinang pertama kali dari sisi kondisi pelabuhan,”sebut Wan Syamsi. Dengan pindahnya pelabuhan domestic dan internasonal di Dompak, maka pendapatan yang masuk akan dikelola langsung oleh pemerintah daerah. Pendapatan yang diterima bakal dipergunakan untuk kepentingan masyarakat.

Ketika disinggung apakah sudah dilakukan koordinasi dengan pihak PT Pelindo 1, terkait rencana kepindahan pelabuhan domestic dan Internasional bakal pindah ke Dompak, Wan Syamsi menyatakan rencana ini mendapat persetujuan dari pihak terkait. Sementara itu, disinggung tentang jadual kepindahan pelabuhan domestic dan internasional pindah ke Dompak, Wan Syamsi menyatakan sepenuhnya ditangani Dinas Perhubungan Provinsi Kepri. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top