Home » Zona Kepri » Bintan » Pemkab Bintan Miliki 15 Puskesmas

Pemkab Bintan Miliki 15 Puskesmas

Peresmian-Puskesmas-Seri-Kuala-Lobamm-150x150

Peresmian Puskesmas Seri Kuala Lobam Kabupaten Bintan

Zonakepri-Dengan luas wilayah Kabupaten Bintan yang begitu luas maka saat ini Kabupaten Bintan telah memiliki 15 Puskesmas.Salah-satunyaPuskesmas Kuala Sempang merupakan puskesmas ke 13 yang diresmikan pengoperasiannya beberapa waktu lalu, ada dua Puskesmas juga akan diresmikan yakni Puskesmas Sei. Lekop dan PuskesmasNumbing. “

Pemerintah daerah membangun Puskesmas dalam jumlah begitu banyak meskipun kecamatan kita hanya sepuluh bukan karena kita ingin memperbanyak karena masing-masing wilayah juga sudah ada Puskesmas Pembantu yang saat ini berjumlah 51 buah belum lagi Polindes yang jumlahnya tidak sedikit didesa-desa , tetapi kita membangun Puskesmas sebegitu banya k memang karena kebutuhan mengingat peta wilayah yang sangat luas.”ujar Bupati Ansar Ahmad saat peresmian Puskesmas Kuala Sempang, beberapa waktu lalu.

Bayangkan di Kecamatan Teluk Sebong ada tiga Puskesmas yakni di Sri Bintan, Berakit dan Sebong Lagoi yang memang karena kebutuhan masyarakat maka kita bangun dan kembangkan Puskesmas. dikatakannya pertimbangan dan alasan lain mengapa dibangun Puskesmas, Pustu dan Polindes karena ini jaring terdepan kita untuk mengantisipasi persoalan-persoalan kesehatan masyarakat, kalaulah Puskesmas, Pustu dan Polindes yang ada berjalan efektif maka yakinlah beban rumah sakit tak terlalu berat lagi. Apalagi kalau program-program Promotif dan Preventif berhasil dan sukses, yakinlah makin sedikit orang datang berobat kerumah sakit karena makin banyak orang yang sehat.

“Apalagi kalau kita berhasil merubah mindset masyarakat akan pentingnya hidup sehat dengan merubah pola makan dan pola hidup agar lebih sehat dengan berolahraga, jika semua ini berhasil maka beban APBD untuk membiayai bidang kesehatan semakin ringan.” Jelasnya
Untuk itu kata Bupati Ansar Ahmad kepada para dokter dan jajaran kesehatan untuk memperbanyak program promotif dan Preventif ditengah-tengah masyarakat guna mengurangi angka kematian ibu dan angka kematian anak saat lahir.

Bupati Ansar juga mengingatkan masyarakat a untuk jangan sekali-kali berpikir bahwa pemerintah memperbanyak sarana kesehatan agar orang sakit semakin banyak tetapi ini untuk meng antisipasi masyarakat Bintan yang sakit. Dan ini adalah tugas pokok dasar pemerintah daerah dari beberapa tugas pokok yang diwajibkan pemerintah kepada pemerintah daerah, pelayanan dasar bidang kesehatan merupakan kewajiban daerah. Selain itu katanya dalam penghitungan angka Indeks Pembanguan Manusia ada tiga hal yang penting yang mempengaruhi pertama tingkat daya beli masyarakat, tingkat pendidikan masyarakat dan tidak kalah pentingya tingkat derajat kesehatan masyarakat, kalau tiga hal ini baik maka IPM di Kabupaten Bintan akan terus meningkat.

Lanjutnya tahun 2015 perhitungan evaluasi terakhir MDGs, kesepakatan kepala-kepala negara memberantaskan kemiskinan dari delapan item MDGs ada lima item penting yang terkait bidang kesehatan salah satunya yang penting menurunkan angka kematian ,ibu melahirkan dan anak, dan angka kematian itu di Bintan jauh bawah rata-rata angka nasional tapi kita harus tekan terus dengan program-program promotif,dengan ketersedian fasilitas-fasilitas perobatan seperti ini maka kita bangun terus kita perkuat, Namun sebanyak dan sehebat mana pun puskemas yang bangun kalau memang SDM-nya kurang tidak memadai dan juga tidak memberikan hasil yang maksimal maka kita terus memaksimalkan dan mengupgrate tenaga kesehatan yang ada. (hms Bintan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top