Home » Advetorial » Taman Tugu Pensil Tanjungpinang, Wisata Alam Menyatu Dengan sejarah 

Taman Tugu Pensil Tanjungpinang, Wisata Alam Menyatu Dengan sejarah 

pemprov

Tugu Pensil yang berada di lokasi Taman

Tanjungpinang,Zonakepri-Bagi masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya, tentu sudah tak asing lagi dengan Taman Tugu Pensil yang berlokasi di Jalan Haji Agus Salim Tanjungpinang.

Taman Tugu Pensil masih berada dalam  kawasan bentangan tepi laut Tanjungpinang yang berdekatan dengan pemukiman penduduk yang bertempat tinggal diatas laut, yakni masyarakat yang dikenal warga Turki alias Teluk Keriting.

Gapura Taman Tugu Pensil

Kawasan tepi laut Tanjungpinang  membentang sepanjang Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura hingga kawasan Lantamal IV (dulu,red). Sementara Taman Tugu Pensil berada di pertengahan bentangan tepi laut Tanjungpinang itu.

Taman tugu Pensil juga berdekatan dengan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Tanjungpinang.

Berada di pinggir jalan yang ramai dilalui lalu lintas kendaraan, Taman Tugu Pensil menjadi tempat strategis bagi para pelaku UKM untuk mengaiz rejeki.

Berdasarkan penelusuran dari beberapa sumber, Tugu Pensil merupakan sebuah tugu yang dibuat sebagai simbol pemberantasan buta huruf dan penghargaan bagi Kepulauan Riau yang dapat membebaskan daerahnya dari buta huruf melalui program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960-an.  Selanjutnya, disekitar Tugu Pensil tersebut ditata sedemikian rupa hingga menjadi taman. Sehingga Taman yang berada di Tugu Pensil dinamakan Taman Tugu Pensil. Sehingga, Taman Tugu Pensil merupakan kawasan wisata alam yang dipadu dengan wisata sejarah Tugu Pensil.

Taman Tugu Pensil dilengkapi dengan fasilitas diantaranya lapangan voli, jogging track, arena fitness, arena olahraga, rumah makan, toilet, akses langsung menuju pantai, tempat sampah, gerbang taman, bangku taman, dan lampu taman.

“Hanya ada di taman Tugu Pensil yakni batu batu yang disusun rapi untuk dilalui kaki kaki telanjang agar peredaran darah lancar,”sebut Tuty warga Turki yang sering berolahraga di taman tugu Pensil.

Menurutnya, saat menginjak batu batu maka kaki akan merasa sakit luar biasa. Bahkan ada yang tak tahan menginjak batu batu tanpa alas kaki. Namun setelah menginjak batu batu akan terasa enak di kaki saat berjalan. “Terasa ringan berjalan,”ungkapnya, Selasa 11 Desember 2023.

Pada siang, sore hingga malam hari senantiasa ada pengunjung di Taman tugu Pensil. Ada yang duduk di bangku bangku Taman sambil menikmati pemandangan laut, ada yang berolahraga, ada juga pertandingan Voley di lapangan voly, ada juga yang menikmati aneka kuliner di rumah makan maupun penjual makanan dan minuman yang menggunakan gerobak di tepi jalan kawasan Taman Tugu Pensil.

Untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara, Pemprov Kepri bersama Pemko Tanjungpinang berupaya membenahi infrastruktur  kawasan tepi laut Tanjungpinang.

Bahkan jalan alternatif yang menghubungkan Kawasan Lantamal IV (dulu,red) tepatnya makam batu Hitam menuju pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura telah dibangun jalan penghubung alternatif yang menarik dan indah dipandang. Pasalnya, jalan alternatif tersebut berada di pinggir laut Tanjungpinang. Sehingga masyarakat yang berkendara bisa langsung menikmati pemandangan laut dan tiupan angin yang cukup kuat

Stan stan jualan dari pelaku UMKM pun telah tertata rapi di pinggir jalan baru alternatif tersebut, membuat pengendara ingin berhenti untuk singgah mencicipi aneka kuliner baik minuman maupun makanan yang dijajakan oleh stan jualan. Wisata alam dipadu dengan wisata kuliner di jalan baru mempercantik wajah kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan taman tugu pensil menjadi salah satu destinasi wisata di kota Tanjungpinang yang menyajikan panorama alam di tepi laut Tanjungpinang. “Berbagai kegiatan bisa dilakukan di Taman Tugu Pensil. Mulai olahraga, menikmati kuliner juga area spot foto yang menarik bagi pengunjung,”terangnya.

Penataan kawasan tepi laut Tanjungpinang menjadi fokus pemerintah daerah dari tahun ke tahun untuk memperindah ibu kota. Hal ini ditegaskan Gubernur Ansar dalam membangun Kota Tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi Kepri. “Kota Tanjungpinang terus dibenahi dan dipercantik, agar pengunjung betah dan terkenang saat kembali ke tempat asalnya. Diharapkan akan menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara,”ungkapnya saat menghadiri berbagai event di Tanjungpinang belum lama ini.

Kawasan tepi laut Tanjungpinang menjadi salah satu lokasi wisata strategis yang ada di pusat kota ditengah padatnya arus lalu lintas dan padatnya pemukiman warga. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top