Home » Head Line » 37 Warga Buang Air Besar Sembarangan

37 Warga Buang Air Besar Sembarangan

ahadiTanjungpinang,Zonakepri-Tidak seluruh masyarakat di Kota Tanjungpinang memiliki jamban sehat. Hal ini terbukti saat dilakukan penilaian Kota Sehat 2015 ditemukan ada 37 warga di Kelurahan BT 9 tidak memiliki jamban sehat.

Artinya, warga yang memiliki jamban tidak sehat tersebut buang air besar tidak melalui WC. Melainkan buang air besar pada aliran sungai, aliran parit, bahkan ada WC terbang dimana sekeluarga membuang air besar pada kantong dan membuang kantong berisi kotoran manusia tersebut ke tempat pembuangan sampah atau TPS.

Hal ini disampaikan Assisten Kesejahteraan Pemko Tanjungpinang Ahadi saat membuka secara resmi sosialisasi HIV Aids di Pelabuhan Sri Payung KM 6 Tanjungpinang Kamis 29 Oktober 2015. Menurut Ahadi warga yang belum memiliki jamban sehat semestinya membuang air besar pada tempatnya. Mengingat jamban sehat mendukung terciptanya kota sehat. “Ubahlah perilaku yang tidak sehat menjadi berperilaku sehat,”sebutnya.

Lebih jauh disebutkan Ahadi, jika satu kelurahan saja yakni Kelurahan BT 9 ditemukan 37 warga buang air besar sembarangan, bagaimana untuk 17 kelurahan yang lain ? Apakah juga ditemukan hal serupa dengan jumlah sama, lebih sedikit atau bahkan jumlah jamban tidak sehat malah lebih banyak. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top