Home » Advetorial » Destinasi Wisata Kampung Tua Menarik Untuk Dikunjungi

Destinasi Wisata Kampung Tua Menarik Untuk Dikunjungi

pemprov

Pulau Buluh Terlihat dari atas

Batam,Zonakepri – Provinsi Kepri merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki objek wisata pulau yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pulau yang memiliki nuansa perkampungan tua adalah Pulau Buluh di pesisir Pulau Batam.

Awalnya, disebut Pulau Buluh karena di pulau ini banyak pohon bambu. Oleh karena itu, penduduk setempat lebih mengenal pulau ini sebagai Pulau Buluh. Bagi para wisatawan, banyak hal yang bisa dinikmati di kawasan Destinasi Wisata Pulau Buluh ini.

Di sini terdapat berbagai jenis ekowisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan seperti tempat penangkaran buaya dan tempat budidaya tanaman anggrek dengan berbagai ragam jenis.

Selain itu, panorama di sekitar lautan Destinasi wisata Pulau Buluh ini juga tak kalah indahnya. Dari kejauhan tampak perairan berwarna biru kehijauan yang begitu mendominasi.

Diketahui singkat sejarah Pulau Buluh merupakan pusat pemerintahan di era masa lalu. Pada 1895 Pulau Buluh adalah bagian dari ke amiran (amir dalam bahasa Arab berarti pemimpin) kerajaan Riau Lingga.

Amir pertama di Pulau Buluh bernama Tengku Umar bin Tengku Mahmud sedangkan di Nongsa, yang menjadi amir pertama adalah anaknya keturunan dari Raja Isa yakni Raja Mahmud bin Raja Yakup bin Raja Isa atau Nong Isa.

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira, sejumlah pulau di Batam menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Apalagi Pulau Buluh ini.

Kata dia, selain ada spot-spot menarik dengan pemandangan indah, wisatawan juga bisa melihat pemandangan kampung yang nyaman dan tenang di Pulau ini.

“Mau Napak Tilas juga bisa. Ada sejarahnya Pulau Buruh ini. Bagi wisatawan yang hoby travaling Pulau Buruh patut dicoba datangi,” ujarnya.(sut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top