Home » Zona Kepri » Gubernur Resmikan Paten

Gubernur Resmikan Paten

Tanjungpinang,zoakepri- Peresmian pelaksanaan paten dilakukan oleh Gubernur Kepri HM Sani didampingi Walikota Lis Darmansyah, Wakil Walikota Syahrul dan Camat Bukit Bestari Riwayat ditandai penombolan sirine bersama sama dilanjutkan pemotongan pita di kantor Camat Bukit Bestari Batu 3,5 Tanjungpinang. 

Dua kecamatan di Kota Tanjungpinang yakni Bukit Bestari dan Tanjungpinang Timur secara resmi memberikan Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten). 

HM Sani dalam sambutannya menyatakan seluruh kecamatan di Provinsi Kepri ditargetkan hingga akhir 2013 sudah melayani paten. 

GUB POTONG PITA 1

Gubernur Potong Pita

Walikota Lis Darmansyah menyebutkan paten merupakan wujud mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga efektif dan efisien. “Sebenarnya, peresmian paten di dua kecamatan yakni Bukit Bestari dan Tanjungpinang Timur dilaksanakan 25 Agustus 2013, namun saat itu Saya sedang mengikuti Diklat Kepala Daerah selama 3 minggu,”sebutnya.

Menurut Lis, dari 4 kecamatan yang ada di Tanjungpinang yang dinilai siap melaksanakan Paten saat ini Kecamatan Bukit Bestari dan Tanjungpinang Timur.  Selanjutnya kecamatan lain yakni Tanjungpinang Barat dan Tanjungpinang Kota akan secepatnya melaksanakan Paten. Paling lambat 2014 mendatang sudah seluruh kecamatan di Tanjungpinang melaksanakan Paten. 

Camat Bukit Bestari Riwayat menuturkan pelayanan Administrasi Terpadu tersebut meliputi 4 administrasi pelayanan dengan 39 jenis pelayanan. Terdiri dari administrasi kependudukan memilii 14 jenis pelayanan, administrasi perijinan dan pembangunan memiliki 8 jenis pelayanan, administrasi pertanahan memiliki 4 jenis pelayanan, administrasi kesejahteraan sosial  dan pengaduan masyarakat memiliki 13 jenis pelayanan. Sedangkan waktu kepengurusan seluruh pelayanan tersebut berkisar 1 hingga 15 hari kerja sejak pemberkasan. Salah satu contoh jenis pelayanan administrasi pertanahan di kecamatan yakni kepengurusan alas hak dan SKGR, jenis pelayanan perijinan dan pembangunan yakni Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), HO yang sebelumnya  dikeluarkan oleh Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT). (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top