Home » Head Line » HUT ke-11 GenBI UMRAH, Lestarikan Budaya Lokal “Kain Batik”

HUT ke-11 GenBI UMRAH, Lestarikan Budaya Lokal “Kain Batik”

pemprov

Perayaan HUT GenBI ke -11

Tanjungpinang,Zonakepri – GenBI Kepri Komsat UMRAH mengadakan acara syukuran Hari Ulang Tahun GenBI yang ke-11 Tahun, Jumat 11 November 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 17.00 – 21.00 WIB di Ruang Auditorium Dompak, UMRAH. Kegiatan ini mengundang seluruh anggota GenBI UMRAH termasuk juga Koordinator Wilayah GenBI Kepri yaitu Jeremia Bufanda Sibarani dan Demisioner GenBI UMRAH.

Tema “One Step, One Dream, Bersama GenBI Bersinergi Untuk Negeri” dengan konsep GenBI Berkain. Tema dan konsep tersebut diselaraskan karena bersama GenBI kita bersinergi untuk negeri dengan cara mencintai dan melestarikan budaya lokal kita yaitu Kain Batik.

Pelestarian budaya merupakan tanggung jawab kita bersama, seperti yang kita semua tahu bahwa kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa terutama pada saat seperti sekarang, sekarang kita bisa dikatakan krisis kebudayaan karena banyak generasi bangsa yang mulai meninggalkan budaya mereka sendiri dan cenderung mengikuti gaya kebarat-baratan. Kita bisa menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan, maka GenBI UMRAH memilih untuk mengusung tema dan konsep yang mendukung kemajuan Budaya Nasional Indonesia dengan GenBI Berkain namun tetap dengan gaya kekinian.

“Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda tetapi tetap satu” itulah yang terlihat pada acara yang berlangsung, berbagai jenis kain dengan ukiran-ukiran yang berbeda bersatu padu dalam acara HUT GenBI yang ke-11 tahun.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan kepada semua anak muda bahwa semakin maju nya peradaban kita tetap tidak akan tertinggal walaupun menggunakan budaya lokal dan juga bertujuan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta pada budaya lokal kita. Pada acara ini juga diadakan pemotongan kue ulang tahun dan pentas seni mini yang akan dilakukan oleh tiap-tiap divisi yang ada di GenBI UMRAH dan penampilan dari panitia acara.

Elisabet Damaiyana, selaku Ketua Umum GenBI UMRAH mengungkapkan bahwa, “Ulang Tahun GenBI yang ke-11 tahun ini merupakan ulang tahun GenBI dengan konsep yang belum pernah dilakukan sebelumnya di GenBI. Acara syukuran ini dilakukan untuk mempererat hubungan sesama anggota GenBI dengan yang lainnya dan saya juga berharap kepada semua teman-teman yang hadir dapat mencintai dan selalu melestarikan budaya kita agar tidak hilang atau dicuri oleh yang lain, jika bukan kita maka siapa lagi.” Ungkapnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top