Home » Zona Kepri » Batam » Laut Luas Harus untuk Kesejahteraan

Laut Luas Harus untuk Kesejahteraan

* Manajemen Perikanan Nelayan Harus Bagus

nurdinBatam, Zonakepri.com – Gubernur H Nurdin Basirun menginginkan luasnya laut di Kepri harus mampu memberi kesejahteraan bagi masyarakat. Potensi yang besar kalau kita kelola dengan baik, akan mengangkat kesejahteraan masyarakat.

“Sayang laut begini luas, namun penduduk pesisir kurang meninkmati kesejahteraan,” kata Nurdin pekan lalu, saat bertemu dengan sejumlah nelayan di Batam.

Menurut Nurdin, bantuan-bantuan pemerintah, baik pusat maupun provinsi dan kabupaten kota selalu ada. Misalnya, ada bantuan keramba, bagaimana pengelolaan dan hasilnya bisa maksimal.

“Jangan habis panen tak ada modal lagi,” kata Nurdin.

Nurdin berharap manajemen pengelolaan oleh nelayan harus semakin baik dan bagus. Termasuk manajemen bisnisnya.

Sebagai orang yang pernah juga hidup dengan menjual beli ikan, Nurdin menyampaikan pentingnya pengelolaan yang baik. Kadang toke pembeli ikan, punya banyak cara agar saat nelayan panen harganya ditekan murah.

Para toke, misalnya, kata mantan nakhoda kapal ini menyebutkan, ikan yang sama dipanen nelayan sedang melimpah. Sehingga harga harus jatuh. Demikian juga setelah panen, pesan Nurdin jangan sampai tak berproduksi lagi.

“Kadang dah dapat duit bukan beli bibit baru. Beli kendaraan motor,” kata Nurdin.

Nurdin juga berpesan bantuan-bantuan pemerintah jangan sampai tidak bermanfaat. Nanti, bantuan yang ada, mesinnya dimana, kapalnya entah di mana. Demikian juga ketika memberi bantuan, Nurdin menegaskan instansi terkait jangan asal bantu.

“Beri bantuan yang benar-benar bermanfaat, bukan asal ada proyek,” ingat Nurdin.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top