Home » Head Line » Manasik Haji Cilik Ajarkan Rukun Islam Kelima

Manasik Haji Cilik Ajarkan Rukun Islam Kelima

manasik haji

Wakil walikota Syahrul memberi salam peserta manasik haji cilik

Tanjungpinang,Zonakepri- Dengan berpakaian ikram serba putih, seperti layaknya pelaksanaan ibadah haji sungguhan, ribuan murid taman kanak-anak dari beberapa sekolah RA (raudhatul athfal) itu, terlihat antusias mengikuti prosesi peragaan manasik haji yang dibimbing langsung oleh guru dari sekolah RA mereka masing-masing.

Para calon Jamaah Haji Cilik ini, mulai bergerak meninggalkan kemah bergerak menuju sisi kanan lapangan, untuk melakukan lempar Jumrah, dan kemudian menuju kubus hitam yang dianalogikan sebagai Ka’abah untuk melakukan Tawaf.

Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada ikatan guru raudhatul athfal atas kegiatan manasik haji ini,”Ini bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak kita sejak dini, bagaimana kita mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai agama, terutama pada rukun Islam ke lima”.Ucap Syahrul

Rangkaian dari kegiatan manasik haji cilik ini, kata Syahrul, disamping memberikan bekal iman bagi masa depan mereka, juga memberikan semangat yang akan tertanam diusia dini, untuk menunaikan ibadah haji,” Paling tidak mereka memiliki semangat untuk menunaikan Ibadah haji nantinya, dan rangkaian dari manasik haji ini, seperti lempar jumrah, sa’i, dan tawaf,bisa memberikan mereka pemahaman, akan perlu kedisiplinan, rapi dan taat peraturan”.Kata Syahrul.

Syahrul berharap, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus ditingkatkan, agar bisa berlanjut lebih baik lagi, kedepan, Syahrul minta kepada Ikatan Guru RA, untuk bisa bersinergi dengan melibatkan pemerintah dan stakeholder lainnya, sehingga kegiatan ini bisa kita laksanakan lebih semarak lagi.”Pungkas Syahrul.

Sebelumnya, Hasnah selaku Ketua Panitia Pelaksana, melaporkan bahwa kegiatan ini, bertujuan untuk mengenalkan rukun Islam ke lima secara dini kepada anak-anak RA, dengan begitu, mereka diharapkan lebih menanamkan semangat beribadah kepada generasi penerus , sehingga akan terwujud generasi yang tidak saja cerdas, tetapi mereka akan menjadi anak-anak soleh dan soleha serta berakhlaq mulia,” Jelasnya

Ia mengatakan jumlah anak yang mengikuti manasik haji cilik pada tahun ini sebanyak, 1.141 anak dari 23 RA di Tanjungpinang.”Terang Hasnah

Rangkaian kegiatan pun dilanjutkan dengan melaksanakan Sa’i yakni berlari kecil dari bukit Shafa menuju bukit Marwah. Meski cuaca pada hari itu panas, para bocah terlihat gembira dan bersemangat mengikuti rangkaian tata cara pelaksanaan ibadah haji.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top