Home » Advetorial » Pedestrian Jalan Bandara RHF Jadi Destinasi Wisata Baru

Pedestrian Jalan Bandara RHF Jadi Destinasi Wisata Baru

pemprov

Pedestrian jalan Bandara RHF Tanjungpinang

Tanjungpinang, Zonakepri- Jalan Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang telah berubah menjadi destinasi wisata seiring rampungnya revitalisasi dan pedestrian median jalan gerbang masuk lewat jalur udara ke ibukota Provinsi Kepulauan Riau ini.

Cobalah datang ke Jalan Bandara RHF Tanjungpinang. Khususnya pada sore hari, jalan menuju bandara yang sebelumnya bernama Bandar Udara Kijang ini ramai oleh aktivitas warga: berolahraga, atau sekadar duduk di bangku-bangku yang tersusun hampir di sepanjang jalan tersebut. Begitu juga saat hadi Sabtu dan Minggu pagi, kawasan ini kini selalu ramai.

Tidak sedikit pula warga terlihat berfoto dengan latar belakang ikon kawasan tersebut. Ya, dalam proyek revitalisasi dan pedestrian median Jalan Bandara Internasional RHF tahap pertama, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai fasilitas serta sejumlah ikon di kawasan tersebut.

Bangunan yang menjadi ikon di kawasan ini diantaranya berupa replika Bulang Linggi, sebuah kapal perang legenda bangsa Melayu sepanjang enam meter dan lebar empat meter. Replika kapal berdiri kokoh di media jalan, dilengkapi dengan dua layar, rumah di bagian buritan, tujuh perisai, serta bendera hula-hula.

Selain itu, di kawasan ini juga dilengkapi berbagai ornamen lainnya, seperti nama tujuh kabupaten dan kota yang ada di Kepulauan Riau, serta perak pernik lain yang menjadikan kawasan ini indah dan juga nyaman.

Pedestrian menjadikan median Jalan Bandara Internasional RHF juga sangat nyaman bagi warga berkunjung ke sini. Jalur cukup lebar yang ditata rapi di median jalan membuat nyaman bagi pejalan kaki sekaligus berolahraga. Joging misalnya.

Guna menjadikan kawasan ini kian nyaman, Pemerintah Provinsi Kepri juga menanam pohon pinang yang menjadi latar belakang penamaan Kota Tanjungpinang.

“Tanjungpinang dinamai karena kota ini dulunya terdapat banyak pohon pinang di tanjung-tanjung. Makanya di sepanjang jalan ini ditanam pohon pinang untuk mempertegas identitas kota ini,” ujar Ansar Ahmad, Gubernur Kepulauan Riau

Di antara pohon pinang yang akan menjadikan kawasan Jalan Bandara Internasional RHF lebih asri ini juga ditanam pohon bunga tanjung.”Supaya semakin lengkap. Pohon tanjung dan pohon pinang,” tambah Ansar.

Editor : Hamid

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top