Home » Head Line » Pernah Berstatus Napi, Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun Maju DPR RI dari Hanura

Pernah Berstatus Napi, Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun Maju DPR RI dari Hanura

Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun

Karimun, Zonakepri-Nurdin Basirun, mantan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), menyatakan diri siap mencalonkan sebagai anggota DPR RI.

Pernyataan ini disampaikan saat Nurdin menjawab banyak permintaan warga Kepri sebagai pemimpin dalam pesta demokrasi Pileg 2024 mendatang.

“Saya masih ingin mencurahkan dan mewakafkan semua tenaga fikiran saya secara iklas untuk masyarakat Kepri mohon doa dan dukungannya dari semua pihak, salam hormat saya terimakasih,” ucapnya, Rabu (5/7).

Berhimpun dengan Partai Hanura, mantan Narapidana (Napi) yang pernah menjalani masa hukuman empat tahun tersebut mengaku masih punya banyak ‘Pekerjaan Rumah’ untuk membantu pembangunan masyarakat Kepri ke depan.

“Saya memang mantan narapidana. Namun semuanya itu sudah saya jalani dengan ikhlas dan penuh penyesalan. Saya banyak belajar dari kesalahan waktu itu,” ucapnya.

Mantan Bupati dua periode di Karimun tersebut menyatakan, masih banyak hal yang ingin dilakukannya jika diamanahkan sebagai wakil rakyat di Senayan nanti untuk masyarakat.

Proses pembangunan saat ini sudah cukup baik, namun ia mengaku masih banyak juga kelemahan dari sisi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di pelosok desa dan pesisir.

“Saya masih ingin mencurahkan semua pemikiran saya untuk seluruh masyarakat Kepri,” ucapnya demikian.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memaparkan tiga syarat penting harus dipenuhi bakal calon legislatif (caleg) mantan narapidana (napi) tindak pidana korupsi.

Ketua Devisi Teknis Penyelenggara KPU Kepri, Ferry M Manalu menuturkan, ada syarat wajib harus dipenuhi caleg dulunya pernah berstatus sebagai napi dan mendapat hukuman di atas lima tahun.

“Wajib mendapat bukti salinan putusan resmi, serta harus mengumumkan ke publik bahwa bersangkutan adalah benar mantan narapidana,” ujar Ferry. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top