Home » Head Line » Sentra IKM “Tengku Mandak” Diisi Pelaku Usaha Sandang, Pangan Dan Kerajinan

Sentra IKM “Tengku Mandak” Diisi Pelaku Usaha Sandang, Pangan Dan Kerajinan

pemprov

Sentra IKM “Tengku Mandak” di kawasan Bincen Km 9 Tanjungpinang

Tanjungpinang, Zonakepri- Wali Kota Tanjungpinang, Rahma diagendakan meresmikan Gedung Pusat Promosi dan Rumah Kemasan “Tengku Mandak” Tanjungpinang, Kamis (15/12).

Sentra industri kecil dan menengah (IKM) ini terletak di komplek Bintan Center Terminal Sei Carang, kilometer sembilan, tepatnya di samping kantor Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Kepri.

“Gedung sentra IKM siap beroperasi. Peresmian akan dilakukan ibu Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Kamis (15/12), sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Riany, Rabu (14/12/2022).

Selain peresmian, wali kota juga akan menyerahkan bantuan mesin peralatan kepada para pelaku IKM yang berasal dari CSR Bank BTN Tanjungpinang, juga bantuan gerobak bagi pelaku usaha,” lanjutnya.

Bangunan sentra IKM ini, kata Riany, memiliki dua lantai. Gedung ini merupakan rumah bagi IKM kota Tanjungpinang yang difungsikan sebagai tempat promosi dan pemasaran produk-produk IKM yang telah memenuhi standar dan mutu.

“Gedung ini juga sebagai rumah kemasan dalam menyediakan layanan kemasan bagi IKM kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Di sentra ini juga, Riany menuturkan akan ada pelayanan konsultasi usaha, penyediaan mesin peralatan kemasan, fasilitas pelatihan dan diskusi dengan didampingi tenaga pendamping dan operator yang mumpuni.

Nantinya, promosi dan pemasaran produk IKM, pihaknya berkolaborasi dengan OPD, jasa travel, perhotelan dan restoran dengan menghadirkan tamu ke gedung sentra untuk membeli oleh-oleh khas kota Tanjungpinang.

“Kehadiran sentra IKM ini juga merupakan bentuk dukungan pemko Tanjungpinang dalam memperkenalkan keberadaan IKM kepada masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Tanjungpinang, Surya Dharma Sarno menambahkan gedung sentra IKM akan diisi oleh pelaku usaha yang telah dibekali pelatihan oleh disdagin beberapa waktu lalu.

“Sentra IKM akan diisi oleh pelaku industri usaha dari sektor pangan, sandang dan kerajinan,” kata Surya.

Dengan adanya sentra IKM ini, tentunya bisa mengoptimalkan dan memberdayakan agar IKM-IKM di kota Tanjungpinang mempunyai daya saing kuat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian di kota Tanjungpinang.

“Ini akan memperkuat pemasaran produk-produk yang dihasilkan IKM, tidak hanya kepada masyarakat Tanjungpinang, tapi juga para wisatawan,” ujarnya. (Dinas Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top