Home » Zona Kepri » Bintan » Snorkeling, Fishing Dan Kayaking Sepuasnya Hanya Rp250 Ribu Di Kelong Wisata Bintan Neemo 

Snorkeling, Fishing Dan Kayaking Sepuasnya Hanya Rp250 Ribu Di Kelong Wisata Bintan Neemo 

Keindahan Pantai Dolphin di kawasan Pantai Trikora 2

Bintan,Zonakepri-Keindahan panorama alam di pantai Trikora Kabupaten Bintan Provinsi Kepri memang patut diacungi jempol. Hal inilah yang menarik kunjungan wisatawan baik manca negara maupun domestik.

Pantai Trikora yang berlokasi di Desa Malang Rapat Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan merupakan salah satu Kawasan Destinasi Wisata strategis di Kabupaten Bintan Provinsi Kepri. Terlihat hamparan laut yang membentang luas, juga pasir putih dan bebatuan yang indah.

Bahkan bebatuan yang berada di pinggir pantai menjadi tempat nyaman bagi pengunjung untuk bersantai. Ada yang  duduk maupun berbaring. Bahkan beberapa diantara pengunjung menyempatkan diri berfoto baik beramai ramai atau Selfi.

Wisman saat snorkeling di Wisata Kelong

Salah satu lokasi di Pantai trikora yang menjadi jalur masuk menuju wisata Kelong dan white sands adalah Pantai Trikora dua, tepatnya disebut Pantai Dolphin.

Jalan menuju pantai dolphin dari arah Kota  Tanjungpinang berada di sisi kanan jalan. Ada tanda masuk berupa plang bergambar ikan lumba lumba (Dolphin) dua ekor. Jarak tempuh dari kota Tanjungpinang menuju Pantai Dolphin sekitar 45 menit saja.

Kegiatan kayaking di wisata Kelong Bintan Neemo

Memasuki pantai dolphin, jalanan berpasir. Tersedia area parkir kendaraan, pondok pondok serta kedai makan sederhana yang berada di atas pantai dengan bentuk panggung.

Pemilik Kedai, akrab dipanggil Ana menawarkan menu makanan dan minuman kepada pengunjung juga menawarkan pondok pondok untuk disewa.

Berdekatan dengan kedai, ada satu dua speed boat yang mengangkut penumpang menuju ke tengah laut. Dan ada juga speed boat yang menurunkan penumpang dari tengah laut ke tepi pantai.

“Ditengah laut sana, ada wisata Kelong bernama Bintan Neemo, white sands serta Kelong Keramba,”tutur Karno yang mendirikan Kelong Wisata sejak 14 tahun silam.

Karno menyebutkan, saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, cukup banyak wisatawan manca negara yang berkunjung ke tengah laut yakni Kelong Wisata, White Sands maupun Kelong keramba.

Bahkan bagi masyarakat yang ingin belajar berenang dengan cepat, bisa belajar di Kelong Wisata Bintan Neemo. “Minimal butuh waktu  20 menit untuk bisa berenang  asalkan memiliki keberanian,”sebut Karno.

“Ada sekitar 40 orang wisatawan yang berkunjung pada hari ini. Ada dari Filipina, Myanmar, Thailand, Singapura, Malaysia juga India,”papar Karno, Minggu 12 November 2023.

Disinggung tarif berada di Kelong Wisata, Karno menyebut cukup murah saja bagi warga domestik Rp250 ribu per orang untuk sepuasnya..Sementara wisawatan Mancanegara Rp450 ribu per orang untuk sepuasnya.

Karno mengisahkan,  sebelum memiliki Kelong wisata Bintan Neemo dirinya hanya nelayan yang mencari ikan di laut Pantai Trikorra. Kala itu, awalnya ada wisatawan yang memintanya untuk diantar menuju White Sands berupa hamparan dataran di tengah laut yang berpasir putih dan ditumbuhii pepohonan.

Selain minta diantarkan menuju White Sands juga minta diantarkan ke Kelong Keramba. Lama kelamaan, pemilik keramba ikan bernama  Sefa mengajak kerjasama Karno untuk bekerja dengannya. Namun tawaran ini ditolak Karno.

Akhirnya, dengan modal sedikit demi sedikit Karno mendirikan kelong sendiri yang memiliki berbagai jenis kegiatan wisata. Yakni Snorkeling, Fishing (memancing di tengah laut) Kayaking berupa sarana kayak kano bagi pengunjung di tengah laut.

“Semula hanya ada satu speed boat untuk antar jemput wisman dari dan  menuju Kelong wisata. Saat ini sudah ada tiga speed boat,”ungkap Karno yang duduk di kedai kopi Pantai Dolphin  sambil mengawasi pengangkutan wisman menuju Wisata Kelong , White Sands serta  keramba ikan.

Untuk mengelola usaha wisata ini, Karno memperkerjakan sekitar 7 orang. Jika pengunjung membludak, maka Karno akan menambah pekerja dari warga sekitar.

Selain Snorkeling, Fishing, Kayaking juga tersedia penginapan bagi pengunjung.  Tarif per malam Rp600 ribu per orang bagi pengunjung domestik. Sementara bagi wisataaan manca negara memilki tarif Rp1.200.000 per malam. “Tersedia makan gratis bagi pengunjung yang menginap. Berupa makanan sea food,”tambahnya.

Karno menyebutkan, kegiatan wisata Kelong akan ditutup sementara pada bulan Desember hingga bulan Maret setiap tahunnya. Hal ini disebabkan adanya angin Utara yang berhembus di kawasan ini  setiap tahun.

Plt Kadis Pariwisata Kepri Luki Zaiman Prawira  menyatakan sangat mendukung usaha wisata yang dikelola masyarakat untuk menarik kunjungan wisman di kabupaten Bintan Khususnya dan Provinsi Kepri pada umumnya.

Keberadaan Kelong wisata mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di Provinsi Kepri. “Untuk mencapai target kunjungan wisatawan, butuh  spot spot wisata  yang menarik dan harga terjangkau,”ungkapnya. (Rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top