Home » Head Line » Dokumen Bekerja Tidak Lengkap, Malaysia Kembali Deportasi 51 PMI 

Dokumen Bekerja Tidak Lengkap, Malaysia Kembali Deportasi 51 PMI 

pemprov

PMI yang dideportasi dari Malaysia tiba di pelabuhan Sri Bintan Pura Malaysia

Tanjungpinang,Zonakepri- Puluhan Pekerja Migran Indonesia dideportasi pemerintah Malaysia dari Pelabuhan Situlang Laut Johor Malaysia, tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Para PMI yang dipulangkan sempat menjalani hukuman di Malaysia akibat pelanggaran keimigrasian.

Sebanyak 51 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Situlang Laut Johor Malaysia, tiba di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Senin sore.

Mereka dipulangkan dan diangkut kapal Ferri Marina IB. Para PMI yang dipulangkan terdiri dari 20 perempuan dan 31 orang laki-laki.

Sebagian besar para PMI tersebut masuk ke wilayah Malaysia tanpa dilengkapi dokumen serta menggunakan paspor pelancong namun bekerja di Malaysia.

Sebelum dipulangkan para PMI ini sempat menjalani hukuman kurungan ada yang 1 bulan bahkan hingga 1 tahun lebih.

Koordinator Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang, Sulistyaningsih mengatakan, rata permasalahan para PMI ini ditangkap karena dokumen, dimana mereka berangkat menggunakan paspor pelancong. Namun, setibanya di Malaysia mereka bekerja dan ketika razia akhirnya ditangkap.

“Mereka di pulangkan dari Situlang Laut. 50 sehat ada 1 yang ibu-ibu sakit tumor di leher. Nanti kita akan asesmen mendalam kondisi psikis, ekonomi. Nanti setelah pulang kita juga akan kunjungi kerumah masing-masing,” ungkapnya, Senin (1/4/2024).

Salah seorang PMI asal Palembang Dewi mengaku sudah 6 bulan menjalani hukuman ia ditangkap polisi Malaysia saat tengah bekerja menjaga rumah makan. Mereka juga mengaku selama menjalani hukuman kerap kali di kasi nasi mentah.

“Sudah 6 bulan kami disana, hari-hari hampir makan nasi mentah saye dah 6 bulan. Saye ditangkap police lagi jage kedai makan. Kami juga minta tolong kedutaan masih banyak orang Indonesia di Pekan Nanas,” ucap dia.

Puluhan PMI yang dipulangkan berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Karimun, Pekanbaru dan NTB. Selanjutnya puluhan PMI ini dibawa kerumah penampungan dan kemudian dipulangkan ke daerah asal masing-masing.(Ju)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top