Home » Advetorial » HUT Dekranas ke-44 di Kota Solo, Dewi Ansar: Dorong Sinergi dan Promosi Kerajinan Daerah

HUT Dekranas ke-44 di Kota Solo, Dewi Ansar: Dorong Sinergi dan Promosi Kerajinan Daerah

pemprov

Dewi Ansar saat perayaan HUT Dekranasda ke-44 di Solo

Solo,Zonakepri – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar menghadiri acara Peringatan Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas dan Peresmian Pembukaan Expo Dekranas Tahun 2024 di Ballroom Hotel Alila Solo, Rabu (15/5).

HUT Dekranas ini dihadiri langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Pembina Umum Dekranas dan Ketua Umum Dekranas Hj. Wuri Ma’ruf Amin. Hadir juga para ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota dari seluruh Indonesia.

HUT Dekranas ke-44 kali ini mengusung tema “Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa”. Tema ini dipilih supaya Dekranas bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia. Walau kini banyak modernisasi, Dekranas mempunyai program-program yang juga membantu perajin melestarikan budaya Indonesia.

Diawal sambutannya, Iriana menyapa tamu undangan yang hadir. Para tamu yang hadir didominasi perempuan dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka mengenakan baju tradisional daerah masing-masing.

“Apa kabar? Sehat? Alhamdulillah. Saya pangling, karena ibu-ibu semua yang ada di sini memakai kain masing-masing daerah,” sapa Iriana kepada para tamu undangan.

Iriana pun membuka acara tersebut dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pengurus Dekranas Pusat.

“Di hari yang istimewa ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun Dekranas yang ke-44 tahun 2024. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya buka Dekranas Expo 2024,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’ruf Amin mengatakan diusia Dekranas ke-44 diharapkan dapat semakin produktif dan perannya semakin besar untuk bangsa dan negara.

“Selamat ulang tahun Dekranas yang ke-44 Perjalanan panjang telah dilalui Dekranas. Berbagai program kerja telah didedikasikan untuk mengangkat derajat para pengrajin sehingga produknya semakin banyak diminati,” ujarnya.

Dewi Ansar yang mengikuti langsung kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap dedikasi dan kerja keras para perajin dalam melestarikan dan mengembangkan kerajinan daerah di Indonesia.

“Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau selalu berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan hasil kerajinan daerah, sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Dewi Ansar juga berharap agar melalui acara ini, sinergi antara pemerintah, masyarakat dan para perajin dapat semakin ditingkatkan, sehingga industri kerajinan Indonesia dapat semakin maju dan dikenal di kancah internasional. Ia juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap kemajuan yang telah dicapai oleh para perajin di Kepulauan Riau.

“Kami sangat bangga dengan kreativitas dan dedikasi para perajin kita yang terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat lebih mengenalkan kerajinan Kepulauan Riau ke kancah nasional dan internasional,” tutupnya. (Ky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top