Home » Advetorial » Pramuka Penegak SMA/SMK se-Kabupaten Bintan Ikuti Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

Pramuka Penegak SMA/SMK se-Kabupaten Bintan Ikuti Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

pemprov

Sekdaprov Kepri saat menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Korem

Tanjungpinang,Zonakepri – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Korem dalam rangka Penguatan Binter TA 2024 di Lapangan Upacara Korem 033/WP, Tanjungpinang, Sabtu (03/02).

Kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Korem 033/ WP ini mengambil tema “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan Dan Lahan Hutan,” dan diikuti oleh pramuka tingkat penegak dari SMA/ SMK Se-Kabupaten Bintan, berlangsung dari tanggal 02 Februari sampai 03 Februari 2024.

Sekda Adi Prihantara dalam sambutannya membacakan Amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional menyampaikan TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Terselenggaranya kegiatan Perkemahan ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar,” ucapnya.

Oleh karena itu, Lanjut Sekda Adi yang juga merupakan Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kepulauan Riau, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

“Selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” jelasnya.

Sekda Adi juga berpesan kepada adik-adik Pramuka agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. llmu yang nantinya didapatkan agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka,” tutupnya.

Turut hadir Perwakilan FKPD Kepri, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Korem 033/ WP Feni Angelina Watuseke, Dandim 0315 Bintan Letkol Inf Eka Ganta, Ka. Kwarcab Tanjungpinang dan Bintan, serta Perwakilan Kepala Kepala Dinas pendidikan serta Kepala Sekolah SMA/ SMK kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. (Zah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top