Home » Head Line » Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara KPU Tanjungpinang Ricuh

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara KPU Tanjungpinang Ricuh

pemprov

Aksi protes dari partai PDI P saat rapat pleno terbuka rekapitulasi suara KPU Tanjungpinang

Tanjungpinang,Zonakepri-KPU Kota Tanjungpinang menggelar rapat pleno terbuka untuk umum di Hotel CK Tanjungpinang pada Sabtu 2 Maret 2024.

Saat berlangsung rapat pleno terbuka rekapitulasi suara yang dimulai pagi hingga malam  tersebut terjadi aksi kericuhan pada malam hari.

Hal ini terjadi, usai saksi partai politik (Parpol) PDI Perjuangan tidak terima hasil rekapitulasi perolehan suara calon DPRD Provinsi Kepri dari sirekap, berbeda dengan hasil perhitungan mereka (saksi PDIP).

Dimana, KPU menjelaskan total perolehan suara partai dan calon DPRD Kepri dari PDI Perjuangan sebanyak 3.076. Sementara catatan PDI Perjuangan sebanyak 3.176.

“Total suara PDIP bukan 3.076, tetapi 3.176,” ujar Saksi PDI Perjuangan, Andi Cori.

Kondisi tersebut di per panas dengan pernyataan dari saksi Hanura, yang menyatakan total suara PDI Perjuangan di DPRD Kepri sebanyak 3.046.

Sontak pernyataan itu membuat saksi PDI Perjuangan, Andi Cori Patahuddin berang, dan melempar mikrofon. Lalu dilanjutkan dengan handphone, yang dilayangkan ke hadapan komisioner KPU dan membalikkan meja didepan hingga pecah berantakan.

Atas kejadian tersebut, rapat rekapitulasi perolehan suara terancam diskorsing oleh KPU Tanjungpinang.

“Kericuhan ini tidak harus terjadi, karena dalam pleno perbedaan angka itu akan dibahas,” tegas Faisal.

Sementara Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol.H Ompusunggu mengatakan,dari kesepakatan bersama atas kejadian ini, antara saksi,Bawaslu dan KPU Kota Tanjungpinang Rapat Pleno terbuka ditunda hingga besok.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang gak dinginkan, pengamanan besok lebih diperketat,dengan menempatkan satuan Sabhara Polresta Tanjungpinang di luar, dan setiap saksi didampingi satu petugas kepolisian”, ujarnya.(Rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top