Home » Head Line » Serter TNI 2023 Ditutup, Renovasi 10 RTLH Hingga Semenisasi Jalan

Serter TNI 2023 Ditutup, Renovasi 10 RTLH Hingga Semenisasi Jalan

pemprov

Penutupan Serter TNI 2023 di Lapangan Pamedan Tanjungpinang

Tanjungpinang,Zonakepri – Serbuan teritorial (serter) TNI tahun 2023 di wilayah Korem 033 Wira Pratama (WP) Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan resmi ditutup, pada Selasa (20/6/2023).

Dalam kurun waktu satu bulan, Korem 033/WP berhasil merenovasi 10 unit rumah tidak layak huni (RTLH), memperbaiki rumah ibadah, gedung sekolah, hingga semenisasi jalan di pedesaan sepanjang 200 meter.

Aster Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Mochamad Syafei Kasno memimpin langsung upacara penutupan serter tersebut, yang digelar di Lapangan Pamedan Jalan A. Yani, Kota Tanjungpinang.

Dia menjelaskan, program serter fisik yang dikerjakan selama sebulan itu meliputi merenovasi RTLH, perbaikan rumah ibadah, memperbaiki sarana pendidikan, hingga membangun jalan di pedesaan.

Sementara non fisik, meliputi mengadakan sunat masal gratis, penyuluhan kesadaran bernegara, pembinaan kampung Pancasila, penyuluhan kampung KB kesehatan, hingga festival budaya masakan daerah.

“Ini wujud keberadaan TNI, untuk membantu Pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat. Jadi TNI akan selalu ada untuk masyarakat dan kita harap bangsa kita semakin kuat,” kata dia saat usia menutup serter Korem 033/WP di Tanjungpinang.

Kegiatan serbuan teritorial ini digelar setiap tahun. Apalagi, lanjut dia wilayah hukum kerja 033/WP ini sangat strategis, yakni dekat dengan perbatasan negara.

“Setiap tahun, program ini berjalan secara pararel, saat ini juga berlangsung di Provinsi yang lain. Terutama di wilayah Korem 033WP ini, karena ini dekat dengan perbatasan negara,” jelasnya.

Dia menerangkan, tidak ada kendala selama serter berlangsung. Bahkan, menurut Syafei banyak masyarakat antusias hingga terharu atas apa yang dilakukan oleh TNI.

Jadi dia berharap kepada masyarakat agar dapat menjaga apa yang telah TNI bangun. “Sehingga kedepannya kita tidak mengulangi lagi di tempat yang sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Danrem 033/Wira Pratama (WP), Brigjen TNI Yudi Yulistyanto menyampaikan bahwa pihaknya memang memilih sasaran yang tepat, dalam melakukan serter 2023 ini.

Selain itu, kata Yudi program serter merupakan wujud kecintaan TNI kepada masyarakat. Bahkan, TNI bisa ikut dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan ini tersebar di Pulau bintan. Seperti di Pulau Penyengat, Desa Lancang Kuning, Kijang hingga Tanjung Uban Kabupaten Bintan,” sebutnya.

Dia menerangkan, pendanaan kegiatan tersebut murni dari Mabes TNI. Yudi juga mengajak instansi lainnya yang memiliki program yang sama, untuk ikut saling bersinergi dalam mensejahterakan masyarakat.

“Banyak masyarakat pesisir yang butuh kehadiran kita. Ini juga untuk mencapai cita-cita Pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan,” sebutnya. (Ju)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top