Home » Head Line » “Tracing Digital” Kendalikan Laju Penularan Covid-19

“Tracing Digital” Kendalikan Laju Penularan Covid-19

LBBP RI untuk Singapura Suryopratomo

Jakarta,Zonakepri-Tingkat penularan covid-19 di Singapura saat ini sama sekali tidak ada lagi. Aktifitas masyarakat pun sudah normal. Sepanjang orchard road juga sudah ramai di datangi warga Singapura.

Menurut Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Singapura Suryopratomo, Pemerintah Singapura, menerapkan tracing digital guna mengendalikan laju penularan covid-19. “Di Singapura lebih mengutamakan tracing dibandingkan testing. Melalui tracing digital mampu mendeteksi warga singapura yang terinfeksi covid-19,” jelas Suryopratomo yang didampingi 10 atase KBRI Singapura kepada para pemimpin redaksi melalui virtual, kamis malam, 28 Januari 2021.

Tracing digital suatu aplikasi dari safety entry guna melakukan pelacakan kontak pasien positif. Di Singapura terdapat dua safety entry berupa token, yaitu “BluePass” dan “Trace Together”. Setiap warga Singapura yang memasuki perkantoran, mal, restoran, hotel dan sebagainya yang telah memiliki QR harus mempunyai token “BluePass” atau “Trace Together”.

Cara kerjanya, warga yang sudah mempunyai safety entry harus terlebih check-in dengan menempel token safety entry ke QR, dan seketika itu juga tersambung ke pusat data di kementerian kesehatan Singapura. Kalau tidak punya alat safety entry tidak diperbolehkan masuk.

Safety entry mampu membaca warga tersebut kalau ada kontak erat dengan orang positif dalam waktu 15 menit dan dalam jarak kurang dari 2 meter. Pusat data langsung memberitahu warga tersebut supaya langsung ke rumah sakit guna PCR Test.

Alat ini bekerja tanpa GPS sehingga tidak akan melacak ke beradaan pengguna. Selain itu, data yang dihimpun berupa identitas pengguna juga dienkripsi untuk keamanan dan hanya bisa diakses, jika pengguna positif covid-19 dan hanya digunakan untuk contact tracing.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan uji coba “BluePass” kepada para pegawainya untuk melakukan pelacakan covid-19. “Januari ini kita kirim 520 unit ke BNPB untuk uji coba. Singapura sangat terbuka untuk kerjasama,” kata Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo atau akrab dipanggil Tommy.

Salam sehat !
Suryo Pratomo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top