Home » Head Line » DLHK Kepri Sosialisasi Dan Edukasi Pengelolaan Sampah Di Pulau Moro

DLHK Kepri Sosialisasi Dan Edukasi Pengelolaan Sampah Di Pulau Moro

Sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah di Desa Pulau Moro

Karimun,Zonakepri-Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Kepri melakukan sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah di Desa Pulau Moro Kabupaten Karimun, 19 Agustus 2021.

Kegiatan ini bekerjasama dengan LSM Alim Kepri, STAI Miftahul Ulum Kota Tanjungpinang dan didukung sejumlah mahasiswa KKN UNRI diikuti jajaran pelajar di Desa Pulau Moro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kepulauan Riau, Hendri mengatakan dipilihnya kegiatan sosialisasi di Desa Pulau Moro mengingat masyarakat Desa Pulau Moro belum dapat mengelola sampah dengan baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan belum adanya sarana dan prasarana yang memadai, petugas yang terlatih dan anggaran desa yang terbatas.

“Budaya masyarakat masih membuang sampah di laut maupun membakar sampah di suatu tempat, setelah ditimbun beberapa hari di lahan yang kosong,”ungkapnya.

Pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga yang belum tepat dari sumbernya itu, dapat mengakibatkan air laut, air minum, dan udara tercemar.

Dampaknya, dapat merugikan masyarakat itu sendiri, yang notabene adalah Nelayan yang bergantung hidup dari laut.

“Melalui sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah yang dilaksanakan DLHK Kepri, diharapkan dapat memberikan solusi bagi masyarakat Desa Pulau Moro. Untuk mewujudkan budaya dan perilaku memilah sampah dari rumah atau dari sumbernya,”harapnya.

Program Nasional Pilah Sampah dari Sumbernya oleh Kementerian Lingkungan Hidup Melalui Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau akan terus dikembangkan guna mencapai “Zero Waste” pada 2025 mendatang.(h)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top