Home » Head Line » Harga Sembako Naik Lagi, Cabe Merah Rp72 Ribu Per kg

Harga Sembako Naik Lagi, Cabe Merah Rp72 Ribu Per kg

pemprov

Pj Wako Hasan meninjau harga sembako di pasaran belum lama ini (diskominfo)

Tanjungpinang,Zonakepri-Sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat menunjukkan mengalami kenaikan harga sejak akhir pekan lalu hingga saat ini.

Harga cabe merah keriting sebelumnya Rp56 ribu per kg menjadi Rp68 ribu per kg. Bahkan ada juga yang menjual dengan harga Rp72 ribu per kg. Demikian juga harga cabe rawit juga mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp50 ribu per kg menjadi Rp68 ribu per kg. Bahkan cabe rawit merah yang berukuran besar dari Jawa mencapai Rp88 ribu per kg atau per ons Rp9 ribu. Cabe hijau yang sebelumnya Rp35 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg.

“Harga sudah mengalami kenaikan sejak Jumat lalu, ada kemungkinan besok besok malah naik lagi dari hari ini,”sebut Bu Aji yang berjualan di pasar Bintan Center di km 9 Tanjungpinang ditemui 1 November 2023.

Menurutnya, kenaikan harga salah satunya dipicu ketersediaan kebutuhan pokok yang menipis.

Sementara itu, harga bawang merah Impor India yang sebelumnya Rp12 ribu per kg menjadi Rp14 ribu per kg. Harga bawang merah impor Birma Rp 24 ribu per kg. Harga bawang merah asal Jawa Rp36 ribu per kg yang sebelumnya Rp30 ribu per kg.

Demikian juga bawang putih mengalami kenaikan harga dari sebelumnya Rp32 ribu per kg menjadi Rp34 ribu per kg. Harga bawang Bombay yang sebelumnya Rp20 ribu per kg naik menjadi Rp24 ribu per kg.

Harga tomat merah dan hijau malah mengalami penurunan dari sebelumnya Rp16 ribu per kg menjadi Rp14 ribu per kg. Demikian juga harga mentimun turun dari Rp 10 rihu per kg menjadi Rp5 ribu per kg.

Selain itu, harga gula pasir juga terus naik dari sebelumnya Rp14.900 per kg menjadi Rp15.200 per kg.

Menyikapi kenaikan harga kebutuhan pokok dan mengendalikan inflasi di Kota Tanjungpinang Pj Wako Hasan mengatakan akan terus mengendalikan inflasi di Tanjungpinang.

Pemko Tanjungpinang akan terus melakukan kordinasi dan kolaborasi bersama Satgas Pangan untuk secara rutin melakukan peninjauan lapangan. Peninjauan lapangan, untuk memeriksa ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasar. Mulai dari tingkat distributor sampai ke pengecer.

Menurut pj wako Hasan Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), merupakan salah satu bentuk intervensi yang dilakukan pemerintah untuk menekan atau mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok di pasar.

Kelompok Tani Binaan Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kota Tanjungpinang saat menggelar Bazar Gerakan Pangan Murah di halaman MPP Kota Tanjungpinang pada 27 Oktober 2023, menjual cabe merah dengan harga Rp48 ribu per kg dan cabe hijau Rp30 ribu per kg. “Harga jual di bazar Gerakan pangan murah memang lebih murah dari pasaran. Sehingga masyarakat antusias dan jualan ludes dibeli warga”sebut Sutrisno. (rul)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top