Home » Zona Kepri » HUT Ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang Meriah

HUT Ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang Meriah

14 tahun sudah Kota Tanjungpinang berubah status menjadi Kota Otonom, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2001, tepatnya 17 Oktober 2001. Perubahan serta kemajuan yang sudah dicapai merupakan keberhasilan merupakan kerja keras seluruh jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang. hal ini disapaikan Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang, di Halaman Kantor Walikota Senggarang, Sabtu (17/10).

Dalam rentang waktu 14 tahun, telah banyak kemajuan yang telah dicapai, keberhasilan pembangunan  dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi, PDRB perkapita dan penduduk diatas garis kemiskinan.

Melalui Visi Misi pemerintahan, banyak keberhasilan yang telah dicapai, diantaranya pembangunan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, pembangunan gedung kantor pelayanan publik, peningkatan kualitas pendidikan, pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungpinang selama periode 2011-2014 tumbuh rata-rata 6,7%, pengentasan kemiskinan, pembangunan dan pemeliharaan jalan, penanganan banjir

Selain itu, dalam pelaksanaan tata kelola pemerintah yang bersih, transparan, dan akuntabel Kota Tanjungpinang telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan seperti, penghargaan hasil evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah tahun 2014 oleh Kemendagri, Pemko Tanjungpinang mendapat peringkat ke-14 besar dan pada tahun ini ditargetkan menepati 10 besar se-Indonesia.

Dari aspek akuntabilitas, Pemko meraih predikat penilaian “B” berdasarkan hasil evaluasi Kemepan-RB. Kemudian Pemko Tanjungpinang berhasil meraih opini wajar tanpa pengecuali dari BPK-RI terhadap laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2014.

Tahun ini, Hari Jadi ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang mengangkat tema “Bersatu Dalam Keragaman Menuju Tanjungpinang Gemilang”. Pada upacara itu, pemerintah juga memberikan penghargaan bagi ASN dan Honorer teladan, serta bantuan pegawai pensiunan.

Malam Puncak Perayaan HUT Ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang

Puncak perayaan Hari Jadi Ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang pada malam hiburan rakyat sekaligus malam tasyakuran di hari jadi kota otonom, dilaksanakan di Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang, Sabtu (17/10) malam.

Gelaran malam tasakuran itu diawali dengan pemasangan tanjak dan pemotongan tumpeng oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, yang kemudian diberikan kepada Pejabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana.

Dengan menghadirkan Cogan Band dari pemko tanjungpinang, kelompok sanggar seni yang menampilkan keragaman seni dan budaya dari berbagai daerah pada malam itu mampu menyedot perhatian ribuan warga  memadati kawasan lapangan Pamedan Ahmad Yani.

Malam hiburan rakyat sampena hut ke-14 kota otonom terlihat begitu meriah dan semakin semarak dihiasi dengan indah pagelaran tari melayu, tari tor-tor, tari payung, atraksi barongsai serta musikal hanoman merangkum keanegaragaman budaya yang ada di Kota Tanjungpinang.

Sontak saja pagelaran yang disajikan pada malam itu membuat masyarakat sangat antusias, mereka tampak berkumpul  mendekati arena panggung untuk menyaksikan dari dekat, meski malam  semakin larut, warga tak mau beranjak hingga pagelaran malam hiburan itu selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top