Home » Head Line » Tanjungpinang Terima Buku Citra

Tanjungpinang Terima Buku Citra

cinderamataTanjungpinang,Zonakepri-Kota Tanjungpinang terpilih sebagai penerima penerima buku citra dari 5 kabupaten kota di Indonesia. Buku Citra Tanjungpinang tersebut diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Mustari Irawan kepada walikota Tanjungpinang, Rabu 2 Desember 2015.
Penyerahan buku citra Tanjungpinang bertempat di Aula Bulang Linggi Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang dihadiri jajaran lurah, camat, Kepala Sekolah mulai TK hingga SMA di Kota Tanjungpinang dan undangan lainnya.

Menurut Kepala Arsip Nasional Mustari Irawan, Kota Tanjungpinang memiliki khasanah arsip yang banyak, bahkan Kota Tanjungpinang pada masa lalu memiliki peranan penting dalam sejarah nusantara. Bahkan bahasa Indonesia yang saat ini menjadi bahasa nasional berasal dari bahasa Melayu.

Lebih jauh Mustari mengatakan, keberadaan arsip sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara juga bagi pejabat. Dengan arsip maka tidak ada alasan bagi negara lain untuk mengklaim budaya Indonesia. “Beragam kesenian, tarian dan lainnya harus didokumentasikan. Dan dokumentasi tersebut disimpan sebagai arsip. Sehingga tidak ada alasan bagi negara lain untuk mengklaim budaya Indonesia,”sebutnya.

Oleh karena itu, dihimbau agara seluruh SKPD memperlakukan arsip dengan baik. Mengingat arsip merupakan alat bukti yang sah, tidak bohong, tidak dusta dan obyektif. Jika ada yang menghilangkan arsip, akan dikenakan sanksi pidana sesuai dengan Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top